perpustakaan@uinkhas.ac.id 082140736361

Kreativitas Bertemu Tradisi: Pembuatan Film oleh Perpustakaan UIN KHAS dalam Misi Pelestarian Budaya berbasis GLAM

Home >Berita >Kreativitas Bertemu Tradisi: Pembuatan Film oleh Perpustakaan UIN KHAS dalam Misi Pelestarian Budaya berbasis GLAM
Diposting : Senin, 07 Oct 2024, 17:39:42 | Dilihat : 98 kali
Kreativitas Bertemu Tradisi: Pembuatan Film oleh Perpustakaan UIN KHAS dalam Misi Pelestarian Budaya berbasis GLAM


Tanggal 05-07 Oktober 2024 menjadi langkah berani dan cerdas yang dilakukan tim preservasi dan konservasi UPT. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  dengan membuat Film dokumenter  bertajuk mocoan Lontar Yusuf; sebuah tradisi yang masih terjaga untuk melestarikan warisan budaya masyarakat Adat Osing di desa Rejopuro Glagah Banyuwangi.

Tim Perpustakaan UIN KHAS Jember yang diwakili Aisatun Nurhayati dan Putri Rosyida secara langsung memantau proses pembuatan film yang sarat akan pembelajaran. Program ini menjadi bagian dari inisiatif GLAM Perpustakaan UIN KHAS Jember  yang bertujuan mengintegrasikan fungsi perpustakaan, galeri, arsip, dan museum dalam satu platform. Dengan mendigitalisasi manuskrip dan tradisi lisan, diharapkan dapat memberikan akses lebih luas bagi generasi mendatang, sehingga mereka dapat memahami dan menghargai kekayaan budaya lokal. “Konsep GLAM memungkinkan kami untuk menyajikan warisan budaya secara interaktif dan menarik, menjadikan tradisi lokal seperti Osing sebagai bagian dari identitas budaya yang terus hidup,” kata Aisy.

Proyek ini bukan sekadar inisiatif lokal, namun lebih dari itu, proyek ini merupakan perwujudan dari Undang-Undang Republik Indonesia nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan utamanya pasal 23 dan 26, yang menegaskan pentingnya peran perpustakaan sebagai wahana pendidikan dan pelestarian. Dengan mengintegrasikan Program GLAM (Galeri, Library, Archive, Museum), Perpustakaan UIN KHAS berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian warisan budaya.

Berkolaborasi dengan dosen Filologi yang sedang melakukan riset bersama mahasiswanya, UPT. Perpustakaan juga menggandeng NH. Project  Academy yang expert dalam dokumentasi budaya berbentuk film. Inisiatif ini tidak hanya memberikan wawasan digital bagi generasi muda tetapi juga menginspirasi masyarakat untuk berkontribusi dalam menjaga kebudayaan lokal. Ini adalah langkah luar biasa dalam menjembatani masa lalu dan masa depan.

Kolaborasi ini menempatkan mahasiswa sebagai generasi muda di garis depan pelestarian budaya, memberikan mereka pengalaman praktis yang tak ternilai.  Mereka belajar teknik-teknik dokumentasi inovatif, termasuk pembuatan film yang menampilkan tradisi lisan masyarakat Osing. “Ini adalah kesempatan langka bagi kami untuk menerapkan ilmu yang kami pelajari di kelas,” ungkap Imam salah satu mahasiswa, mengekspresikan antusiasme mereka dalam kegiatan ini.

Berita Terbaru

“ Bulan Kunjung Perpustakaan 2024 Resmi Ditutup: Perpustakaan Bukan Sekadar Tempat Referensi, tapi juga Wadah Kreasi dan Inovasi! ”
18 Oct 2024By perpus
UPT. Perpustakaan UIN KHAS Jember Gelar Audit Mutu Internal Tahun 2024
11 Oct 2024By perpus
Kunjungan Siswa-Siswi SMA Al Furqon Jember ke UPT Perpustakaan UIN KHAS Jember: Tingkatkan Literasi dan Pengalaman Belajar
07 Oct 2024By perpus

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;