perpustakaan@uinkhas.ac.id 082140736361

Rektor UIN KHAS Jember Resmi Buka Orientasi Perpustakaan bagi Mahasiswa Baru 2024

Home >Berita >Rektor UIN KHAS Jember Resmi Buka Orientasi Perpustakaan bagi Mahasiswa Baru 2024
Diposting : Rabu, 04 Sep 2024, 15:29:03 | Dilihat : 36 kali
Rektor UIN KHAS Jember Resmi Buka Orientasi Perpustakaan bagi Mahasiswa Baru 2024


UIN KHAS Jember, Rabu (4/9/2024) – UIN KHAS Jember resmi menggelar acara Pembukaan Orientasi Perpustakaan untuk mahasiswa baru yang diselenggarakan di Aula UPT Perpustakaan. Acara ini berlangsung sukses dengan dihadiri sejumlah pejabat kampus, termasuk Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M., CPEM., yang membuka acara secara virtual. Turut hadir pula Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. H. Khairul Faizin, M.Ag., serta Kepala UPT Perpustakaan, Hafidz, S.Ag., M.Hum., bersama Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Fakultas Dakwah, Dr. Siti Raudhatul Jannah, S. Ag., M. Med. Kom.; Koordinator Prodi Tadris Matematika, Dr. Indah Wahyuni, S. Pd., M. Pd.; Koordinator Prodi Tadris IPA, Dinar Maftukh Fajar, S. Pd., M. P.Fis; Koordinator Prodi Tadris IPS Fiqru Mafar, M. IP., Kepala UPT Pengembangan Karier Dr. Rusydi Bayagub, S. Ag., M. Pd. I., para staff perpustakaan dan mahasiswa baru angkatan 2024.

Pembukaan ini juga menandai dimulainya rangkaian program perpustakaan dalam memperingati Bulan Kunjung Perpustakaan 2024. Acara ini dihadiri oleh 50 mahasiswa baru Angkatan 2024 yang mewakili berbagai program studi. Program orientasi perpustakaan yang juga disebut User Education ini dirancang untuk mengenalkan fasilitas dan layanan yang tersedia di perpustakaan kepada para mahasiswa baru.

Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M., CPEM., dalam sambutannya menekankan pentingnya mengubah budaya mahasiswa dari hanya mendengarkan dan menulis menjadi budaya membaca dan menulis."Sudah saatnya kita merubah budaya yang awalnya listening & writing menjadi reading & writing. Melalui kegiatan menulis, dapat menghasilkan karya-karya ilmiah yang bisa menjadi sumber referensi rujukan dalam mendapatkan solusi pemecahan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari dan membuka wawasan-wawasan baru yang menambah khasanah keilmuan" ungkapnya.

"Kini, sudah saatnya UIN KHAS yang telah mendapatkan akreditasi unggul untuk berunjuk diri, aktif dalam pertemuan-pertemuan ilmiah dan dialegtis di kancah internasional melalui hasil karya ilmiah, sudah saatnya kita meningkatkan diri kita yang awalnya kita masih sebagai pembaca informatif, harus bisa berkembang menjadi pembaca kritis, dan dari pembaca kritis meningkat menjadi pembaca dialegtis, dan yang paling paripurna ialah kita menjadi pembaca yang solutif, sehingga UIN KHAS Jember tidak hanya unggul di IQ dan EQ saja namun juga SQ sehingga mampu melahirkan SDM dengan pribadi yang unggul", jelas Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M., CPEM.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. H. Khairul Faizin, M.Ag. juga turut memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa UPT Perpustakaan UIN KHAS Jember telah mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan yang sebelumnya, banyak sekali inovasi yang telah dilakukan UPT Perpustakaan sebagai upaya meningkatkan pelayanan maupun minat berkunjung pemustaka ke UPT UIN KHAS Jember, namun demikian inovasi ini juga perlu diimbagi dengan pelayanan yang lebih baik lagi, dari yang berbasis service menjadi hospitality, dan tentunya dibutuhkan engage untuk bisa mewujudkannya. Keberhasilan yang dicapai saat ini tidak terlepas dari kelanjutan program-program yang sudah direncanakan sebelumnya, oleh karena itu kita harus tetap menghargai masa lalu dan jangan jumawa, jangan melihat strata sosial, dan kita harus mempunyai kepribadian yang ramah, baik, serta saling mendukung satu sama lain, terutama dalam mensukseskan program-program yang ada, karena program ini adalah program milik Bersama bukan milik perseorangan maupun pribadi.  

Kepala UPT Perpustakaan UIN KHAS Jember, Hafidz, S.Ag., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan perpustakaan UIN KHAS Jember terus berupaya untuk terus berinovasi guna meningkatkan minat dan jumlah kunjungan pemustaka ke perpustakaan. Terbaru, inovasi yang dilakukan perpustakaan UIN KHAS Jember ialah melakukan redesain perpustakaan, menambah fasilitas baru seperti GLAM (Galleries, Libraries, Archives, and Museum), mengoleksi kurang lebih seratus kitab kuno, menambah jumlah koleksi buku referensi berdasarkan analisis kebutuhan di masing-masing prodi di setiap fakultas yang ada di UIN KHAS Jember, mengoptimalkan sarana dan prasarana penunjang seperti café literasi, tempat membaca yang nyaman, ruang diskusi, ruang multimedia, langganan jurnal baik nasional maupun internasional yang bisa diakses secara gratis oleh seluruh pemustaka UIN KHAS Jember, dan menyelenggarakan berbagai program-program yang bersifat akademik maupun non akademik yang bisa diikuti oleh berbagai kalangan pemustaka, khususnya pemustaka UIN KHAS Jember.

Lebih lanjut, untuk dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di perpustakaan, tentunya pemustaka harus sudah terdaftar sebagai anggota UPT Perpustakaan Jember dan bagi mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan Orientasi Perpustakaan (User Education) yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 – 27 September 2024. User Education ini merupakan sebuah usaha peningkatan layanan perpustakaan yang bertujuan untuk mengenalkan segala fasilitas, layanan, jenis koleksi, dan kebijakan kepada pengguna supaya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Kepala UPT Perpustakaan UIN KHAS Jember berharap semoga pemustaka dapat memanfaatkan momen special ini untuk lebih sering berkunjung, mengenali, menggali, dan mencintai perpustakaan, mengingat perpustakaan merupakan pusat kegiatan literasi dan pengembangan wawasan dalam rangka memperluas khasanah keilmuan, ungkapnya. (IN)

Berita Terbaru

“SINAU BARENG “ SUKSES MENINGKATKAN LITERASI DAN MINAT KUNJUNGAN PEMUSTAKA DI UIN KHAS JEMBER
16 Sep 2024By perpus
Rektor UIN KHAS Jember Resmi Buka Orientasi Perpustakaan bagi Mahasiswa Baru 2024
04 Sep 2024By perpus
UPT Perpustakaan UIN KHAS Jember Sukses Gelar Workshop Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk Sivitas Akademika
21 Aug 2024By perpus

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;