perpustakaan@uinkhas.ac.id 082140736361

Jadwal User Education 2019/2020

Home >Berita >Jadwal User Education 2019/2020
Diposting : Kamis, 21 Nov 2019, 15:50:49 | Dilihat : 886 kali
Jadwal User Education 2019/2020


User education (pendidikan pengguna) adalah suatu proses dimana pengguna perpustakaan untuk pertama kali diberi pemahaman dan pengertian sumber-sumber perpustakaan, termasuk pelayanan dan sumber-sumber informasi yang saling terkait, bagaimana menggunakan sumber-sumber tersebut, bagaimana pelayanannya dan di mana sumbernya.

Tujuan utama diadakannya kegiatan pendidikan pengguna perpustakaan adalah untuk memperkenalkan ke pemakai bahwa perpustakaan adalah suatu sistem yang didalamnya terdapat koleksi dan sumber informasi lain. Menurut Rahayuningsih (2005), ada bermacam-macam tujuan yang hendak dicapai, diantaranya adalah :

  1. Agar pemakai menggunakan perpustakaan secara efektif dan efisien
  2. Agar pemakai dapat menggunakan sumber-sumber literatur dan dapat menemukan informasi yang relevan dengan masalah yang dihadapi.
  3. Memberi pengertian kepada mahasiswa akan tersedianya informasi di perpustakaan dalam bentuk tercetak atau tidak.
  4. Memperkenalkan kepada mahasiswa jenis-jenis koleksi dan ciri-cirinya. 
  5. Memberikan latihan atau petunjuk dalam menggunakan perpustakaan dan sumber-sumber informasi agar pemakai mampu meneliti suatu masalah, menemukan materi yang relevan , mempelajari dan memecahkan masalah.
  6. Mengembangkan minat baca pemakainya
  7. Memperpendek jarak antara pustakawan dengan penggunanya defenisi di atas dapat disimpulkan bahwa Kegiatan pendidikan pemakai bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang berbagai jasa, fasilitas dan layanan yang diberikan oleh perpustakaan,, agar pengunjung mengetahui secara pasti bagaimana sebuah informasi didapat dan didayagunakan dengan cara efektif dan efisien.

Jadwal user education UPT Perpustakaan IAIN Jember tahun 2019/2020 dapat didownload disini.

Berita Terbaru

STUDI LAPANGAN UNTUK PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASAH
18 Dec 2023By perpus
BEDAH BUKU METODOLOGI PARADIGMA NUSANTARA (DALAM KONSTELASI AKUNTASI KELOKALAN) & SERAH TERIMA JABATAN KEPALA PERPUSTAKAAN UIN KHAS JEMBER
18 Dec 2023By perpus
USER EDUCATION 2023 – ORIENTASI ATAU PENGENALAN PERPUSTAKAAN UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER
18 Dec 2023By perpus

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;