perpustakaan@uinkhas.ac.id 081234696579

UP GRADING Kompetensi Guru Civitas Pendidikan SDN Glundengan 02 Wuluhan Jember Berkaca Ke Perpustakaan UIN KHAS Jember

Home >Berita >UP GRADING Kompetensi Guru Civitas Pendidikan SDN Glundengan 02 Wuluhan Jember Berkaca Ke Perpustakaan UIN KHAS Jember
UP GRADING Kompetensi Guru Civitas Pendidikan SDN Glundengan 02 Wuluhan Jember Berkaca Ke Perpustakaan UIN KHAS Jember


Jember. 2 November 2022. Salam Literasi. Perpustakaan UIN KHAS Jember menyambut baik Silaturrahmi dari SDN Glundengan 02 Kecamatan Wuluhan. Silaturrahmi ini dilakukan dalam rangka peningkatan mutu sekolah dan kualitas pembelajaran, serta penyediaan sarana perpustakaan. Berkenaan dengan perpustakaan, komponen yang menjadi fokus pemikiran meliputi bidang pengembangan koleksi, layanan perpustakaan, penggunaan dan pengembangan teknolgi informasi di perpustakaan. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh seluruh civitas pendidikan SDN Glundengan 02 sejumlah 10 guru, 2 tenaga kependidikan, dan Kepala Sekolah SDN Glundengan 02 Wuluhan. Mohamad Solikin, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Sekolah berharap bahwa kunjungan ini tidak hanya sekedar untuk menimba ilmu, namun banyak hal yang diharapkan,diantaranya memupuk tali dinding pemisah antara Sekolah Dasar dan Perguruan Tinggi.

Sistem layanan yang dilakukan oleh Perpustakaan UIN KHAS Jember adalah on line dan ofline. Saat ini harus bisa mengikuti perkembangan pemustaka. Online itu menjadi niscaya saat perkembangan zaman seperti sekarang ini. Ofline juga tetap dilakukan, karena masih banyak pemustaka lebih merasa nyaman saat menggunakan fasilitas secara ofline. Budaya ofline sudah menyatu dengan pemustaka yang ada di UIN KHAS sehingga untuk perubahan menuju online dilakukan secara bertahap. Tapi jaman sekarang kaum milenial sudah tidak asing lagi dengan dunia online, hal ini  mempermudah layanan online untuk di terima para pemustaka kata Kepala Perpustakaan, Dr. Roni Subhan, S.Pd., M.Pd., saat memberikan sambutan.

Dalam forum dialog Salah satu guru dari SDN Glundengan 02 menanyakan tentang aturan kategori dalam penyusunan koleksi buku di perpustakaan. Aisyah, salah satu Pustakawan UIN KHAS menjelaskan bahwa terdapat kategori klasifikasi internasional yang sudah standar. Perpustakaan UIN KHAS Jember mengikuti aturan klasifikasi dari DDC untuk pengaturan koleksi. Namun, untuk Sekolah Dasar boleh untuk membuat klasifikasi sendiri mengingat koleksi buku tidak sebanyak di Perguruan Tinggi, seperti menggunakan abjad atau warna. Inti dari sistem penomoran adalah untuk mempermudah temu kembali koleksi yang dicari.

Setelah dialog acara dilanjutkan dengan kunjungan kemasing-masing layanan yang ada di gedung perpustakaan UIN KHAS. Dalam hal ini rombongan didampingi pustakawan Aisyah dan Tutik serta Mufida. Yang menjadi fokus terarah pada sistem penomoran rak, peminjaman, ruang-ruang koleksi, dan sebagainya.

Selanjutnya merupakan hal baru yang dapat diambil sebagai pengalaman ketika berkeliling perpustakaan adalah koleksi buku yang telah dibaca oleh mahasiswa harus dikembalikan oleh petugas perpustakaan yang disebut dengan Selving ujar salah satu guru.

Berita Terbaru

Basar Buku Murah Perpustkaan UIN KHAS Jember
03 Oct 2022By perpus
“NGANGSU” LITERASI dan LAYANAN PERPUSTAKAAN
27 Sep 2022By perpus
Penandatangan MoU Perpustakaan UIN Kiai Achmad Siddiq Jember dengan UIN Sunan Ampel Surabaya
04 Aug 2022By perpus

Agenda

Informasi Terbaru

Jadwal Pelaksanaan User Education Mahasiswa Baru 2022
30 Aug 2022By perpus
Layanan Perpustakaan Dibuka
29 Dec 2021By perpus
Penutupan Sementara Layanan Perpustakaan
29 Dec 2021By perpus

Lowongan

;